Tuesday, March 24, 2009

Pintu Tol Otomatis

Pintu Tol Otomatis
“Pintu Tol Otomatis” adalah karya lain dari mahasiswa (Hardy dan Nova) yang juga diterbitkan oleh media (Sindo, 4 Desember 2008).

Sistem ini dapat menggantikan penjaga pintu tol. Para pemakai jalan tol dapat langsung menggesekkan kartu, dan pintu alan terbuka dan (nantinya) tertutup secara otomatis. Penjelasan dan foto - foto diberikan pada bagian berikutnya.

Sistem ini diawali dengan pengunjung harus menggsekkan kartu yang diwakili dengan lmit switch (pada sistem asli, seharusnya digunakan semacam smart card yang dilengkapi dengan bar code, atau dengan teknologi RFID).



Setelah itu pintu akan terbuka secara otomatis (pintu digerakkan oleh motor DC). Pintu akan tertutup kembali jika kendaraan yang sudah masuk terdeteksi oleh sensor cahaya.
Sistem ini juga dilengkapi dengan indikator kemacetan menggunakan lampu kuning (tidak terlihat di gambar). Indikator kemacetan akan menyala jika ada 5 kendaraan masuk secara hampir berurutan (dideteksi oleh sensor cahaya yang dihubungkan dengan instruksi Counter pada PLC). Indikator akan mati jika sensor cahaya lain di area tertentu jalan tol dilewati oleh kendaraan (asumsinya kepadatan kendaraan sudah mulai berkurang).
Sebagai penutup, berikut ini foto Hardy dan Nova dengan sistem buatannya yang “simple n nice”..

No comments: